Saturday, March 31, 2018

Program C++ Menghitung Volume Balok Dengan Penjelasan

Apa anda bingung bagaimana cara membuat aplikasi penghitung luas balok dengan C++..?? Memang Bahasa C++ adalah bahasa yang mudah untuk membuat aplikasi seperti penghitung Volume Balok dan lain lain.


c
Kali ini saya akan membahas tentang Program C++ Untuk Menghitung Volume Balok.
Mungkin para pembaca sekalian ada yang sudah tau bagaimana cara membuat Program C++ Untuk Menghitung Volume Balok. Tapi kali ini saya akan memberitahu bagi yang belum bisa atau belum tahu cara membuat Program C++ Untuk Menghitung Volume Balok. Sebelum itu mari kita bahas apa itu bahasa C++ . Bahasa C++ adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Bjarne Stroustrup pada awal tahun 1970- an, bahasa tersebut diturunkan dari bahasa sebelumnya yaitu bahasa B, pada awalnya bahasa tersebut dirancang untuk pengganti bahasa pemrograman pada sistem Unix. 

Nah langsung saja saya ajarkan:


  • Pastikan anda sudah punya aplikasi yang mendukung bahasa pemograman C++. Kalau saya memakai aplikasi Turbo C++, bagi yang belum punya bisa didownload disini.
  • Ketikan bahasa pemograman C++ dibawah ini kedalam aplikasi kalian masing-masing.



 #include <iostream.h>
 #include <conio.h>
  void main()
  {
  clrscr();
  int panjang,lebar,tinggi;
  cout<<"Masukan panjang balok: ";
  cin>>panjang;
  cout<<"Masukan lebar balok: ";
  cin>>lebar;
  cout<<"Masukan tinggi balok: ";
  cin>>tinggi;
  cout<<"Volume balok adalah "   <<panjang*lebar*tinggi;
  getch();
  }


Keterangan : 

1. Cout berfungsi untuk menampilkan tulisan yang ingin ditampilkan ke Turbo C++
2. Cin berfungsi untuk memasukan data ke variabel c++ dengan format ">> (nama variabel)
3. #include iostream dan #include conio digunakan agar perintah cin maupun cout dapat dieksekusi tanpa include iostream dan conio sistem akan bingung untuk mengeksekusi perintah yang telah kita tulis. Atau perintah tersebut berfungsi sebagai kompilator

Penggunaan Cout: Cout digunakan dengan cara mengetik perintah Cout lalu ditambah simbol << "lalu perintah disini"
Perintah Cin: Cin digunakan dengan cara mengetik perintah Cin lalu ditambah simbol >> dan nama variabel setelah simbol >>.
  • Nah selesai sekarang coba jalankan kode C++ diatas.
Nah Berikut cara membuat Program C++ Untuk Menghitung Volume Balok. Semoga Blog saya bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jika ada pertanyaan atau ada yang belum paham silakan tanya saja di kolom komentar nanti akan saya jawab secepat mungkin. Sekian dari saya  BapakNgoding.

Load comments