Tuesday, April 3, 2018

Macam Macam Jenis OS Android Dari Dulu Hingga Sekarang beserta Penjelasannya Lengkap


1

Operating System Android atau lebih umum disebut OS Android menurut saya adalah komponen pengolah software 
dan hardware di dalam sebuah perangkat atau device. Sebenarnya OS itu bermacam macam ada yang untuk Windows, Linux, Mac os, DOS, Android, dll. Android sendiri dibuat sekitar tahun 2007-2008 dengan produk awal Google Nexus one menggunakan Android versi 1.1 dan tersedia di pasaran pada tanggal 5 januari 2010.

Tapi kali ini BapakNgoding akan membahas Macam 

Macam Jenis OS Android. OS Android dari dulu hingga sekarang sudah ada 12 macam jenis OS android apa 
sajakah itu ?, Mari kita bahas sekarang. 

1. Android versi 1.1


Android pertama ini dinamai dengan Android dengan OS Versi 1.1 mulai dirilis pada tanggal 9 maret 2009 dengan beberapa pembaruan pada user interface atau antar muka bagi pengguna, alarm, gmail, dll.



2. Android cupcake (versi 1.5)  

Android cupcake ini adalah os android pertama yang menggunakan nama makanan dan generasi penerus dari versi 1.1 dengan beberapa pembaruan pada tampilan, mengupload video ke youtube, dan bluetooth yang lebih cepat.

3. Android donut (versi 1.6)

Android generasi ketiga ini atau yang dikenal dengan android donut adalah android penerus versi 1.5 dengan perbaikan pada pencarian yang lebih cepat, teknologi EVDO, resolusi yang lebih tajam ,dll.

4. Android eclair (versi 2.1)

Android versi ini adalah andorid generasi ke empat dengan fitur baru yaitu google map,flash untuk kamera, dan bluetooh versi terbaru.

5. Android froyo (versi 2.2)

Diluncurkan pada tahun 2010 dengan penambahan vitur adobe flash player 10.1, penggunaan memori ekstrenal, dan peningkatan kecepatan, 

6. Android gingerbread (versi 2.3)

Android generasi ke enam ini adalah android pertama yang bisa dual camera, peningkatan di game, audio, dan video. juga interface yang lebih hemat energi.

7. Android honeycomb (versi 3.1)

Android ini ditujukan untuk android dengan bentuk tablet dan tidak bisa digunakan untuk ponsel dan didesai khusus agar bisa meningkatkan kemampuan tablet berbasis android.

8. Android ice cream sandwich (versi 4.0)

Android ini mampu menghasilkan interface yang lebih bagus daripada generasi sebelumnya dan juga terdapat fitur font, dan pembuka kunci dengan wajah.

9. Android jelly bean (versi 4.1)

Android dengan banyak fitur baru yaitu informasi cuaca, lalu lintas, dan peningkatan performa responsif.

10. Android kitkat (versi 4.4)

Android yang terdapat fasilitas cloud printing, perintah suara dari google dan kamera yang bisa dibuka tanpa membuka kunci.

11. Android lolipop (versi 5.5)  

Android dengan peningkatan performa dan grafik serta memiliki fitur agar baterai lebih hemat,mendukung prosesor 64 bit, dan material design

12. Android Marshmallow (versi 6.0)

Android dengan fitur baru yaitu  modus "doze", mendukung usb tipe c, android pay, pembuka layar dengan sidik jari, app permision

13. Android Nougat (Versi 7.0)


Android Nougat atau Android 7.0 adalah OS Android terbaru

serta memiliki beberapa fitur baru diantaranya sebagai berikut : Kinerja android lebih cepat dengan performa multitasking yang lebih cepat, Memiliki tingkat keamanan yang lebih baik, Memiliki menu notifikasi yang akan mempermudah penggunanya ketika ada pesan masuk dan notifikasi dari aplikasi, Mode malam untuk menghemat baterai dengan cara meredupkan layar saat gelap atau malam hari.

Baca Juga Daftar Android yang bisa diupdate ke versi 7.0

Sekian dari saya semoga artikel yang saya buat bermanfaat untuk para pembaca sekalian dan jangan lupa terus baca blog saya ya.



Load comments